Hari Prasetio

Lahir di Cilacap 25 Maret 1967. Lulusan SDN 1 Karangtalun Cilacap (1980), SMPN 4 Cilacap (1983), SMAN 1 Cilacap (1986). Alumni Universitas Sebelas Maret Sur...

Selengkapnya
Susahnya Belajar
Sumber : belajar123.com

Susahnya Belajar

Ada seorang siswa yang tidak begitu pintar, tetapi dia ingin sekali menjadi pintar. Karenanya, setiap hari dia belajar. Sayang, karena tidak begitu pintar dia merasa betapa sulitnya menyerap ilmu pengetahuan, keadaan seperti ini bisa menyebabkan dia putus asa.

Biasanya guru di sekolah mengajarkan kepada siswa untuk terus berusaha dan tidak mengenal putus asa. Bagi seorang siswa sangat penting karena dapat mendorong untuk giat belajar, misalnya saja siswa kelas II SD disuruh menghafal penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Namun biasanya siswa menyepelekan, karena siswa ini belum mengetahui manfaatnya, tetapi ketika dia dewasa dan berkerja, misalnya berjualan di pasar, dia baru merasa betapa manfaatnya hafalan penjumlahan, pengurangan dan perkalian tersebut.

Dalam kehidupan manusia berusaha dalam segala hal adalah suatu kewajiban, mau sukses dalam hidupnya seseorang harus bekerja keras. Siswa yang sedang menuntut ilmu, kalau ingin pintar harus terus belajar dengan tekun dan rajin. Belajar melalui pendidikan, karena dalam pendidikan manusia dididik menjadi manusia sejati. Selain itu, dengan pendidikan manusia dituntut untuk mampu menolong dirinya sendiri, mandiri dari ketergantungan pada orang lain, dalam arti tidak menjadi beban dan sekaligus berakhlaqul karimah.

Tanpa pendidikan tak ubahnya manusia seperti binatang, siapa yang kuat dialah yang menguasai kehidupan. Manusia bukan seperti itu, tetapi seharusnya yang kuat bisa menolong yang lemah, yang pintar harus menolong yang bodoh, yang kaya seharusnya menolong kepada yang miskin dan sebagainya.

Pada intinya, meskipun belajar terasa sulit, sebagai siswa perlu terus mengulang dan mengulang. Belajar dan bekerja adalah suatu proses. Keberhasilan seseorang bukan hanya ditentukan hari ini, tetapi dengan kesabaran, keuletan dan tentu saja disertai dengan doa. Insya Allah seseorang akan berhasil di kemudian hari, Amin ya rabbal’alamin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Belajar sepanjang. Hanya ajal yang akan menghentikannya. Salam literasi.

25 Dec
Balas

Setujuuuuu!!!!, trmksih.....

25 Dec
Balas

Betul pak, sama dengan menulis kalau rajin menulis akhirnya terbiasa dan bisa jadi ketagihan menulis, bukankah menulis bagian dari belajar pak???

25 Dec
Balas

Iya Pak, matursuwun, slmat berlibur Pak.

25 Dec

Bisa karena biasa. Semoga kita senantiasa menjaga semangat.. Aamiin

25 Dec
Balas

Amin, tetap menginspirasi Pak, mtrnwun komentarnya.

25 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali